Sabtu, 19 April 2014

TUGAS 3 PEREKONOMIAN INDONESIA



1.     Apa yang di maksud dengan tabungan pemerintah ?

Jawab :

Tabungan Pemerintah merupakan bagian pendapatan dari suatu Negara yang tidak dibelanjakan atau dikeluarkan untuk keperluan sekarang. Tabungan pemerintah hamper seluruhnya berasal dari kelebihan-kelebihan penerimaan pemerintahsecara keseluruhan atas pengeluaran konsumsi pemerintah , seperti ( BUMN ) badan usaha  milik negara yang memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap tabungan pemerintah secara keseluruhan. Pada umumnya peran tabungan pemerintah memang sangat kecil, cara yang paling sering digunakan untuk memobilisasi tabungan pemerintah adalah melalui peningkatan rasio pengumpulan pajak terhadap GNP reformasi struktur pajak. Dalam konteks APBN tabungan pemerintah adalah selisih antara jumlah penerimaan dalam negeri dalam belanja rutin (jumlah penerimaan dalam negeri di kurangi dengan belanja rutin).

(Tabungan Pemerintah = Penerimaan Dalam Negeri – Belanja Rutin)

                                                
2.      Jelaskan pernyataan di bawah ini !
                                                                                                          
a.       “Dalam penilaian sehat atau tidaknya BUMN cenderung bersifat akuntansi”

Jawab :

Pada dasarnya memang pemerintah Indonesia mendirikan BUMN dengan tujuan yang bersifat ekonomi dan tujuan yang bersifat sosial. BUMN dalam prosesnya dan struktur yang di gunakan oleh organisasi untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas perusahaan guna mewujudkan nilai pemegang saham dalam jangka panjang , salah satu kebijakan yang digunakan pada perusahaan BUMN khususnya agar dapat menyajikan informasi keuangan yang akurat , berkualitas dan bermanfaat bagi semua pihak yang terkait. Peran BUMN mencangkup sector-sektor penting seperti keuangan dan perbankan, infrastuktur, transportasi, perkebunan , kehutanan, pertambangan, energy, berbagai jenis industry hingga perdagangan ekspor dan impor . semua hal tersebut membutuhkan informasi laporan keuangan atau perhitungan akuntansi. Dan laporan tersebut harus memenuhi tujuan,aturan serta prinsip-prinsip akuntansi yang sesuai dengan standar yang berlaku umum agar dapat menghasilkan laporan keuangan yang dapat di pertanggungjawabkan dan bermanfaat bagi setiap penggunanya.
Dalam penilaian sehat  :
a.       Memungkinkan pengelolaan kekayaan negara yang transparan, akurat, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan
b.      Mencegah dan meminimumkan kebocoran
c.       Mempermudah ditemukannya adanya penyimpangan dan dapat dipakai untuk pengukuran efisiensi
d.      Membantu apabila pemerintah ingin memperoleh sumber-sumber pembiayaan dari masyarakat melalui obligasi
e.      Membantu wujud pertanggungjawaban pemerintah kepada rakyat
f.        Memberi contoh kepada masyarakat atau swasta tentang good public government dan tidak hanya menuntut good corporate government dari mereka.

Dalam kenyataan tidak sehatnya dalam praktiknya masih menunjukan :

a.       Akurasi pencatatan dan adminitrasi kekayaan  negara yang berasal dari APBN masih  diragukan mengingat banyaknya kasus-kasus yg menyelimuti keberadaan kekayaan negara
b.      Nilai kekayaan negara di BUMN masih siur
c.       Nilai kekayaan yang dikelola BPPN juga penuh dengan kontroversi yang sampai dengan saat ini membingungkan masyarakat

b.      Siapa yang mempunyai wewenang untuk menilai BUMN sebutkan dan jelaskan ?

Jawab :
a.      Penguasaan badan usaha dimiliki oleh pemerintah.
b.      Pengawasan dilakukan, baik secara hirarki maupun secara fungsional dilakukan oleh pemerintah.
c.       Kekuasaan penuh dalam menjalankan kegiatan usaha berada di tangan pemerintah.
d.      Pemerintah berwenang menetapkan kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan usaha.
e.      Semua risiko yang terjadi sepenuhnya merupakan tanggung jawab pemerintah
f.        Pemerintah juga memiliki Akuntan Negara yaitu akuntan yang bekerja pada pemerintah dalam rangka pemeriksaan keuangan pada badan-badan atau lembaga-lembaga pemerintah dan perusahaan negara.
Karena semua wewenang yang berhak untuk menilai BUMN hanyalah pemerintah karena BUMN merupakan suatu instansi pemerintah yang dimiliki oleh negara dan rata-rata BUMN di gunakan untuk kepentingan rakyat.

3.     Apakah benar inflasi selalu merugi ? jelaskan pendapat saudara ?

 Jawab :

Inflasi memiliki dampak positif dan dampak negatif tergantung parah atau tidaknya inflasi. Tidak semua inflasi merugi inflasi juga bisa menguntungkan atau berdampak positif , inflasi justru mempunyai pengaruh yang positif dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik, yaitu meningkatkan pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi, Bagi orang yang meminjam uang dari bank (debitur), inflasi menguntungkan, karena pada saat pembayaran utang kepada kreditur, nilai uang lebih rendah dibandingkan pada saat meminjam. Sebaliknya, kreditur atau pihak yang meminjamkan uang akan mengalami kerugian karena nilai uang pengembalian lebih rendah jika dibandingkan pada saat peminjaman. Bagi produsen, inflasi dapat menguntungkan bila pendapatan yang diperoleh lebih tinggi daripada kenaikan biaya produksi. Bila hal ini terjadi, produsen akan temenyebabkan naiknya biaya produksi hingga pada akhirnya merugikan produsen, maka produsen enggan untuk meneruskan produksinya. Produsen bisa menghentikan produksinya untuk sementara waktu. Bahkan, bila tidak sanggup mengikuti laju inflasi, usaha produsen tersebut mungkin akan bangkrut (biasanya terjadi pada pengusaha kecil).


sumber :



 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar